KAI Daop 7 Madiun Layani Lebih 85 Ribu Penumpang Nataru, Tingkat Okupansi Capai 109%

Madiun, Montera.co.id– PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun melaporkan telah melayani sebanyak 85.946 pelanggan yang naik di stasiun wilayahnya selama periode Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) yang berjalan mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Tingkat okupansi perjalanan kereta api selama periode tersebut bahkan mencapai 109%, menunjukkan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap layanan kereta api.

Penumpang Naik Terbanyak di Stasiun Madiun

Rincian data hingga hari Minggu (21/12) menunjukkan stasiun dengan jumlah pelanggan naik terbanyak adalah Stasiun Madiun sebanyak 23.440 orang, diikuti Stasiun Kediri (12.283 orang), Stasiun Jombang (9.219 orang), Stasiun Blitar (8.185 orang), dan Stasiun Tulungagung (7.560 orang). Sementara itu, sebanyak 18.962 pelanggan lainnya berasal dari stasiun-stasiun kecil seperti Caruban, Magetan, Ngawi, Ngunut, Nganjuk, Papar, dan Walikukun.

Untuk pelanggan turun atau kedatangan, total yang dicatat adalah 89.726 orang, dengan jumlah terbanyak di Stasiun Madiun (25.366 orang) dan Stasiun Kediri (12.761 orang).

Okupansi KA Keberangkatan Capai 50% dari Kapasitas

Untuk kereta api keberangkatan dari wilayah Daop 7 Madiun seperti KA Madiun Jaya, KA Brantas, KA Brantas Tambahan, KA Singasari, KA Kahuripan, dan KA Bangunkarta, jumlah pelanggan naik tercatat sebanyak 32.666 orang atau setara dengan 50% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 65.565 tempat. Secara kumulatif, total pelanggan yang telah dilayani selama periode Nataru mencapai 71.771 orang.

Hanya pada hari ini (21/12), total pelanggan yang naik dari Daop 7 Madiun sebanyak 6.615 orang, dengan rincian terbesar di Stasiun Madiun (2.120 orang) dan Stasiun Kediri (780 orang).

Masih Tersedia 7 Ribu Tempat Duduk, Promo Diskon 30% Masih Berjalan

Meskipun volume penumpang tinggi, KAI Daop 7 Madiun mencatat masih tersedia 7.074 tempat duduk untuk periode keberangkatan 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Tempat duduk kelas eksekutif tersedia di berbagai tanggal, sedangkan kelas ekonomi hanya tersedia pada tanggal 26, 30, dan 31 Desember 2025, serta 1 dan 2 Januari 2026.

Selain itu, masyarakat masih dapat memanfaatkan diskon tiket sebesar 30% untuk keberangkatan mulai 22 Desember 2025 sampai 10 Januari 2026, dengan pemesanan terbatas hingga 10 Januari 2026 melalui Access by KAI atau channel resmi lainnya.

Komitmen Aman dan Nyaman Selama Perjalanan

Menurut Tohari, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, tingginya volume penumpang menunjukkan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat. “Kami berkomitmen penuh memastikan setiap perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan tepat waktu, dengan dukungan sarana, prasarana, serta seluruh petugas yang siaga 24 jam,” ujarnya.

Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp 081-122-233-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.(Dan/Ali)

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *